Contoh Bisnis Tanpa Modal

Pernah dengar Starbucks? Pasti pernah, siapa yang tidak tau Starbucks. Ada yang tau siapa pemiliknya??? Berikut saya bagikan sebuah cerita yang saya dapat dari buku Financial Revolution.

Cerita perjalanan seorang yang bernama Howard Schultz, pemilik Starbucks jaringan kedai kopi. Tadinya yang bersangkutan adalah eksekutif papa atas. Waktu dia mendapat tugas ke Seattle, dan minum kopi di Starbucks, dia jual impiannya untuk membuka cabang di seluruh Amerika, bahkan di seluruh dunia. Setelah proses yang lama, pemiliknya setuju untuk mempekerjakan Howard dengan bayaran yang jauh lebih kecil dari gajinya sebagai eksekutif papan atas. Howard setuju dan pindah ke Seattle. Kemudian dia belajar semua jurus yang ada dan menganjurkan pemiliknya untuk membuka cabang.

Ketika pemiliknya agak segan untuk membuka banyak cabang, Howard menawarkan akan buka sendiri dan pemilik lama ikut jadi pemegang saham. Pemilik setuju dan jadi pemegang saham. Ketika waktu berlalu dan pemilik Starbucks tidak mau melanjutkan lagi usahanya, Starbucks ditawarkan kepada Howard dengan harga yang sangat tinggi. Howard setuju dan mencari modal dari sekian banyak kenalannya. Jadilah Starbucks miliknya, berkembang pesat jadi banyak, go public dan menyebar ke seluruh dunia.

Wahhh.. Bisnis tanpa modal sendiri. Modal orang lain, dari kenalan-kenalannya. Yah, pake istilah OPM (Opium kerennya…) = Other’s People Money. Howard bermodalkan impiannya untuk membuka cabang Starbucks di seluruh dunia, dengan bermodalkan uang orang lain. So, siapa bilang bisnis butuh modal uang????

Ada banyak kisah sukses bisnis tanpa modal uang atau tanpa modal uang sendiri. Yang penting adalah kemauan dan niat. Saya sendiri punya bisnis tanpa modal uang yang besar, juga punya bisnis tanpa modal uang sama sekali, dan juga saya punya bisnis yang modal uang lumayan besar namun kepintaran/ide orang lain. Peluang ada banyak sekali di dunia ini. Asal kita mau melihat dan membuka pikiran. Yah, bukalah pikiran, daripada buka baju terus, ehehe..

Ada dunia kekurangan uang, ada juga dunia kelebihan uang. Dunia manakah yang anda lihat sekarang??? Kalau anda cuma melihat dunia kekurangan uang, maukah melihat dunia kelebihan uang?

Ada usaha dengan modal uang. Ada juga usaha tanpa modal uang. Dunia usaha manakah yang anda lihat sekarang??? Kalau anda cuma melihat dunia usaha yang bermodalkan uang yang besar, maukah melihat dunia usaha tanpa modal sama sekali atau bermodalkan kecil??

So, berbisnislah… sebelum berbisnis itu dilarang, hahaha… Tinggalkan budaya lama bawaan zaman penjajahan belanda dulu yang menyarankan jadilah PNS. Bayangkan, kita dijajah 350 thn oleh Belanda, yang memprogram otak masyarakat Indonesia ini agar menjadi pegawai saja.. Sedangkan mereka sendiri, orang-orang Belanda membuka usaha di Indonesia. So, setting ulang otak anda, ehh..salah, maksudnya saya… karena saya yang mau berubah. Kalo anda, ya terserah anda.. mau setting ulang sekarang, atau setting ulang karena terpaksa keadaan ketika biaya-biaya kehidupan bertambah sedangkan gaji tidak nambah-nambah, atau tetap berkata saya tidak berbakat bisnis.

Bagi yang menyukai bisnis atau membangun bisnis, silahkan isi koment-koment anda di blog saya ini, biar alam semesta mendengarkannya dan mengabulkannya untuk anda..

Semoga kisah sukses Starbucks ini bermanfaat dan menjadi contoh bahwa bisnis itu tidak selalu dimulai dengan uang sendiri… Kecanduan OPM (Kecanduan “Opium”)..

bisnis tanpa modal (1813), inspirasi usaha (1022), inspirasi usaha modal kecil (362), contoh bisnis (352), contoh usaha modal kecil (314), contoh bisnis kecil (269), contoh bisnis rumahan (252), bisnis tanpa modal uang (246), contoh usaha dengan modal kecil (236), usaha tanpa modal uang (139), cara bisnis tanpa modal (133), inspirasi bisnis kecil (110), inspirasi usaha kecil (103), contoh usaha tanpa modal (93), bisnis rumahan tanpa modal (72), berbisnis tanpa modal (70), cara berbisnis tanpa modal (60), cerita motivasi bisnis (59)

41 thoughts on “Contoh Bisnis Tanpa Modal”

  1. saya setuju kalau pikiran kita harus disetting ulang,biar kita tidak melulu berpikir menjadi PNS walaupun kata orang pakai cara-sogok2an (nggak tau benar apa nggak sich). Saya juga ingin memiliki usaha sendiri, tetapi saya belum bisa mewujudkan karena tidak tahu usaha apa yang cocok buat saya dan bisa saya kembangkan dengan semua keterbatasan saya termasuk di bidang modal juga. Tapi benar kata anda,kalau bisnis tidak melulu ditentukan oleh modal saja, tapi yang lebih penting niatnya. Mungkin saya saat ini belum menemukan kesungguhan niat itu,sehingga belum berani terjun ke dunia bisnis. Dan buat para sarjana-sarjana Indonesia yang masih pada nganggur, maupun yang sudah pada bekerja, sudah saatnya kita berpikir untuk menciptakan lapangan pekerjaan sehingga bisa ikut membantu orang lain dan meningkatkan perekonomian bangsa.

  2. Jika saya dan anda berfikir untuk terjun didunia bisnis,kita telah menjadi dermawan,menciptakan lapangan pekerjaan,sy pernah membaca tentang pemilik supermarket HERO Muhamad Saleh Kurnia dia membuka begitu byk cabang bukan mencari Profit tujuan utama dia adalah memberikan penghasilan agar karyawannya paling tidak bs menghidupi keluarganya,sesuatu yg mulia dan patut ditiru.
    So…marilah kita yg dikarunia kelebihan entah itu kelebihan materi/pikiran,sumbangkan untuk mereka yg tidak mampu dgn memberi mereka pekerjaan itu akan lebih baik dari pada kita memberi mereka dgn uang. sukses indonesia.

  3. Saya setuju dgn persepsi anda diatas soal bahwa berbisnis tdk melulu membutuhkann uang yg besar…Saya alami sendiri dimana saya diberikan kepercayaan utk mengelola satu perusahaan baru. Sekarang tinggal bagaimana kita berfikir dan bertindak sperti layaknya orang yg maju dan berfikir terbuka,,,dgn usaha yg positif pasti ada jalan utk menjadi “manusia sukses”. Satu lg utk menjadi sukses gunakan hati nurani…..sehingga apa yg diperjuangkan akan berguna utk org banyak…..

  4. Berbisnis memang tidak selamanya menggunakan uang..

    Berikut adalah contoh berbisnis tanpa modal uang yang dapat dterapkan oleh anak2 yang ingin berbisnis sambil kuliah..

    salah satunya adalah membuka les privat untuk anak2 SD/SMP.. tawarkan kepada anak2 tetangga sekolah2 atau teman2 yang adiknya mengalami kesulitan untuk belajar.. lokasi belajar dapat dlakukan drumah client tersebut. tetapi yang perlu diingat adalah jangan anda yang menjadi staff pengajar. Cari teman2 anda yang pintar dalam hal pelajaran atau mengajar untuk djadikan staff pengajar dengan imbalan dgaji tiap bulan.. sebagai contoh anda mendapatkan 1 client yang mana setelah negosiasi dsepakati harga 300rb dalam 1 bulan sebanyak 8 pertemuan selama masing2 1,5 jam.. buat kesepakatan kepada staff pengajar anda seperti tiap pertemuan dia mendapatkan imbalan sebesar 25rb.. jd dalam sebulan staff anda mendapatkan gaji sebesar 200rb dan anda mendapatkan keuntungan sebesar 100rb tiap bulan per satu anak. dan apabila anda mendapatkan clien sebanyak 100 orang, tinggal anda hitung sendiri saja penghasilan anda tiap bulan.. ^^ tugas anda adalah melakukan promosi untuk mencari client2 anda.. tapi jika anda terlalu sibuk untuk melakukan hal tersebut anda cukup mencari orang untuk melakukan promosi tersebut dengan mentargetkan dalam 1 bulan harus mendapatkan minimal 5 clien dan terserah anda mau menggajinya berapa..

    Ternyata gampangkan menghasilkan uang tanpa uang.. ^^
    !!Salam Sukses Selalu!!

  5. Siip Pak. Memang ada banyak cara berbisnis tanpa modal alias modal kecil. Atau bisa juga bisnis modal orang lain, bekerja sama dengan orang lain. Bisnis juga zaman skrg nih ada yang gak butuh kantor.

  6. wah cerita yang bagus pak, hal ini membuat jiwa wiraswasta saya semakin panas untuk segera memulai dan saya tetap mempertahankan kerja tetap dan mulai bisnis usaha baru saya

  7. Pertama silahkan anda membuat beberapa daftar dari ide-ide yang anda pilih, buatlah pilihan suka dan tidak suka, terus buat lagi daftar kekuatan dan kelemahannya, dan terakhir anda harus memilih sesuatu yang benar-benar anda sukai

  8. setelah kupikir-pikir memang benar apa yang anda katakan, jadi PNS/Karyawan yang tak memiliki usaha sampingan tentu hidupnya kurang dari cukup. selalu saja ada hutang yang tak pernah lunas. tapi gimana ya ? caranya supaya aku bisa punya usaha yang cocok ! aku minim sekali teman dan juga tak punya modal hanya modal dengkul kata orang. tolong kasih solosi, aku orangnya suka menanam tanaman, dari tanaman buah sampai dengan tanaman hias, sampai-sampai halaman rumah seperti hutan saking penuhnya tanaman.tolong saran dan pendapatnya aku tunggu.
    Terima kasih.

  9. sebetulnya ditapratama sudah punya peluangnya tuh. usaha di bidang tanaman hias saja. Hobby dikembangkan jadi usaha, ini bagus sekali. Punya hasrat di bidang tertentu merupakan modal besar untuk sukses. percuma ada uang, kalau gak ada hasrat. Kembangkan lebih profesional. Bangun pertemanan. Pelajari trend dan pilih trend tanaman, ini salah satu peluang sukses usaha di bidang tanaman. lebih lengkapnya ada di video modul tips dan rahasia wirausaha sukses yang akan dilaunching tgl 20 Des nanti (sy promosi, haha). oke. sering2 mampir di blog antonhuang.com ini, dan dapatkan inspirasi dan motivasi sukses.

  10. aku mauuuu… saya sdh mencari jawaban untuk ini.Mudah2an waktu yg tepat dan niat serta usaha yg tepat bertemu di suatu titik yang Allah sebut takdir…,amin .GBU

  11. saya sudah baca artikelnya cukup menarik perhatian saya cuman yang sekarang jadi pertanya an saya adalah :
    bagai mana cara kita mengetahui klo peluang itu bisa kita manfaatkan apalagi tanpa ada modal.

  12. banyak peluang bisa dimanfaatkan asal melihat dengan sudut pandang bahwa itu berpeluang, bukan liat susahnya dulu atau resikonya. Apalagi seperti contoh di atas, Howard melihat sebuah peluang yang sudah ada pangsa pasarnya.

  13. Terima kasih atas kisah ini. sebenarnya saya sudah lama ingin mengetahui adakah suatu bisnis yang bisa dimulai dengan keyakinan saja, lalu bagaiman memulainya. Kisah ini sungguh menginspirasi saya untuk memiliki ide atau gagasan berbisnis 1. tanpa mengunakan modal uang saya sendiri karena 2. Di luar saya terdapat dunia yang berlebihan uang yang akan mendatangi saya…. saya bersyukur cerita ini sungguh menjadi inspirasi yang luar biasa…

  14. saya lagi cari investor bwt mwujudkan usaha yg sy impi2kan slama ni,n sy cari seorng yg mahir dlm surat mnyurat,bhs inggris aktiv untuk mndampingi jd sekretaris,n sy jg cari orng yg bs akutansi,sy btuh skali yg mau krj sama untuk mwujudkan mmpi sy itu.bagi yg brminat hub ke 081931349213 or Emile: asep_perfect4@yahoo.com sy tnggu partisipasinya.

  15. saya jg sependapat, tp kadang orang jg takut untuk membuka bisanis kecil tapi banyak, dikarenakan tingkat kesukaranya lebih besar karena alasan perbedaan t4. jd perlu orang2 yang ulet yang mampu membuka bnyak bisnis dengan skala kecil namun banyak

  16. Saya sngat ingin skali brbisnis kecil kecilan..Smoga saya bs ikut brbisnis jg dngan baca dr artikel di atas…

  17. terima kasih atas pencerahannya, saya adalah seorang mahasiswa perantauan berkuliah di jkt. saya ingin membuka les privat bagi siswa smp ttg komputer dan jaringan, karena itulah keahlian saya. semoga tuhan memberi kemudahan.

  18. Terimakasih artikelnya inspiratif sekali. Bagi Anda yang sedang mencari peluang usaha, Kami sedia bohlam triple U anti nyamuk dan serangga. Harga grossir Rp 12.000/pcs bebas ongkos kirim, minimum order seratus pcs. Produk ini biasa di jual di toko Rp 25.000/pcs. Semakin Anda ingin cepat sukses, semakin cepat Anda memesan di 0856 7368 179

  19. Saya setuju kalau bisnis bisa dilakukan tanpa modal, saya memulai bisnis saya sejak SMP yang semuanya tanpa modal, mulai dari penjual poster di sekolah, tapi karena bisnis tidak dikelola dengan sistem keuangan yang baik yah cukup hanya buat nambah jajan dan neraktir2 temen aja. Karena keenakan berbisnis sejak tamat kuliah saya mulai bisnis properti dengan tanpa modal sedikitpun, memang banyak suka dukanya, mulai dari bangkrut sehingga harus mengulang lagi dari nol. Karena pengalaman dan ilmu itu memang mahal harganya. Mulailah bisnis dengan bekerja keras dengan cara pintar InsyaAllah membawakan hasil

  20. betul sekali mas anton! berbisnis merupakan satu- satu cara untuk bebas waktu, dan bebas uang. meskipun proses menuju kesuksesan dari berbisnis sangat sulit, toh.. juga akan terbayarkan dengan hasil yang besar. tergantung anda, apa mau menjalani proses itu..

  21. bagus banget artikel n komen2 nya, jadi membuat saya makin merasa memiliki hutang untuk bisa menciptakan lapangan kerja. thanks maz anton n komentator2 nya saya makin bersemangat menggali potensi apa yang saya miliki semoga saya mampu mengasahnya

  22. setuju pak, sy mau usaha slama ini usaha kcil2an cm krna terbagi wktu sm jam krj jd terbatas, ksh tips donk gmn cra bagi waktu kerjaan n usaha agar semuah balance, tp sy mo keluar jd pegawai pengen serius usaha sj cm tu dia lg cari modal… mohon doanya mdh2an bs berjalan dengan baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *