Mau? Ada Soal Matematika Kelas 5 SD

Mau? Haha…kayak iklan GSM 3 aja.. Mau?

Ahh..kalo di sini sering posting cerita bijak,cerita motivasi atau apapun yang berbau motivasi dan bisnis, kali ini saya tidak berbagi cerita baik itu cerita bijak ataupun cerita motivasi. Ntar kebanyakan cerita “bijak” jadi orang “bijak” gak bagus juga. hehe…”bijak” pengertian saya dalam tanda kutip adalah orang yang cuma ngomdo, ngomong doank. Kalo bijaknya Gede Prama sih bagus, ini bijak yang berpenghasilan Gede, yang sukses Gede. Ini bijak yang betul-betul bijak. Nah, kali ini saya tidak posting cerita, tapi balik ke waktu SD dulu, saya pengen belajar lagi matematika SD.

Seringkali soal test psiko untuk melamar kerja (ehmm,..saya dulu waktu baru tamat kuliah, beberapa kali ikut test psiko di Caltex, TEL, Exspan, semuanya lulus untuk psiko, namun gagal diterima bekerja karena gagal di wawancara,heh…). Jadi sejak tamat kuliah, saya gak pernah kerja seperti kebanyakan orang. Beruntunglah mereka yang kerja, masih kerja. Saya gak pernah kerja dari tamat kuliah sampe sekarang ini. Saya gak pernah mencicipi dunia kerja (jadi iri nih saya dengan orang-orang yang sudah kerja dan lagi kerja….seperti yang baca ini, yang lagi kerja di kantor). Saya gak pernah terima gaji, saya gak pernah terima THR, sedangkan yang kerja selalu pasti terima gaji, selalu terima THR. Sedangkan saya, boro-boro mau dapat THR, gaji kerja saya saja yang gak pernah dapat. Beruntunglah mereka yang kerja yang pasti terima gaji..Saya jadi iri nih…

Wah, kok jadi ngelantur ya? kok jadi curhat saya yang keluar… Nah, kita ke inti artikel kali ini, agar kita bisa menjadi lebih bijak lagi tentang dunia kerja (ehmm…bukan cerita bijak, tapi ini soal matematika SD Kelas 5, eh…salah, matematika Bijak…)..

Berikut SOAL MATEMATIKA Kelas 5 SD ini :

Ada 2 orang sesama pekerja keras berpapasan. A bergerak dengan 80 jam per minggu sedangkan B bergerak dengan 10 jam per minggu. Mereka sama-sama meraih Rp. 300.000.000 per tahun.

Siapa yang akan lebih kaya ketika mereka berpapasan di tengah malam???

Ehmm… saya mengharapkan sekali jawaban dari soal matematika ini dari pembaca-pembaca setia blog ini dan pembaca unik yang mampir secara kebetulan… Semoga soal matematika SD Kelas 5 ini bisa membawa kebijakan buat kita  semua, makin menjadikan kita bijak tentang pendapatan… khususnya saya yang gak pernah kerja di kantor ini… sedih saya…

soal matematika sd kelas 4 5 6 (1101), matematika kelas 5 (782), soal matematika kelas 5 sd (540), matematika kelas 5 sd (387), matematika sd kelas 5 (357), soal matematika sd kelas 5 (330), soal matematika kelas 5 (322), matematika kls 5 (267), kumpulan soal matematika sd kelas 4 5 6 (225), kumpulan soal matematika kelas 5 sd (188), matematika kelas 5 sekolah dasar (188), soal kelas 5 sd (174), kumpulan soal matematika kelas 5 (157), soal kelas 5 (149), materi matematika kelas 5 sd (141), pelajaran matematika sd kelas 5 (139), pelajaran matematika kelas 5 (135), soal sd kelas 5 (130)

45 thoughts on “Mau? Ada Soal Matematika Kelas 5 SD”

  1. selamat sore pak handi..

    saya orang yang sangat mengagumi pak handi dari pertama saya nonton di tv kabel tentang hight impact low buget..
    dari situ saya mengikuti program tv yang memutar tentang acara bapak…

    dan akhirnya saya mencari situs bapak ini.dan menemukan pertanyaan ini..

    menurut saya siapa yang kaya dari yang di atas tergantung dari kondisi dan banyak aspek yang berpangaruh dari keaadan yang sebenarnya…

    dari satu pilihan dan dari segi aspek keluarga..
    yang lebih kaya adalah pekerja yang bekerja waktunya lebih sedikit.ketimbang yang lebih banyak..kenapa saya memilih yang waktunya lebih sedikit.
    pertama dari aspek keluarga dia lebih kaya karna waktu yang di hasilkan bersama keluarga juga lebih banyak.
    kedua dari aspek kesehatan pekerja yang lebih banyak akan mendapatkan fisik yang terkuras lebih besar kalo di bandinkang dengan cukup ato tidaknya mereka berisitirahat pasti yang lebih sedikit bekerja akan lebih sehat dari yang lebih banyak bekerja.karna berpengaruh dari segi biaya kesehatan jika terjadi dalam setaun dengan adanya biaya dokter dan lain2..
    itu kesimpulan dari kacamata saya..
    karna saya berfikir …asek yang sangat berpengaruh adalah…
    materi , keluarga , dan kesehatan.

    terimakasih atas kesempatanya…
    maaf juga kalo penilain saya juga salah…

    thx

  2. -KULO NUWUN !! badhe nderek nimbrung PAK BIJAK.
    > kalau papasanya tengah malam ! kok, kayaknya yang kerjanya 80 jam per minggu yang lebih kaya. Itu dengan catatan pemenuhan kebutuhannya sama
    > soalnya mungkin dari kerjanya yang lebih panjang, sehingga dia tak sempat jajan atau menghamburkan uang !!

    > mungkin itu pendapat pribadi saya, maaf jika tak cocok !
    nuwun……….

  3. hmm.. kalo menurut saya yg lbh kaya yg kerja 10 jam per minggu, krn dg waktu yg sdkit, uangnya sama dg yg kerja 80 jam per minggu. Jadi dia msh punya waktu banyak. kalo dia menambah jam kerja dg membangun bisnis lagi, maka uang yg bisa dihasilkan dia akan jauh lebih banyak.

  4. menurut saya sama seperti yg lainnya.. yang lebih kaya yang bekerja 10 jam seminggu..
    karena dgn waktu segitu dia sudah bisa menyamai pendapatan org yang
    kerjanya 80 jam seminggu.. dan plus waktu yang lainnya dia gunakan
    untuk berinteraksi dengan keluarga, sahabat, relasi, dll.
    sehingga dia lebih kaya, lebih kaya hatinya.. dan hidupnya lebih seimbang..

    mohon tanggapan dari penulis..

  5. Ya sama kayanya…
    Merekakan sama-sama meraih Rp. 300.000.000 per tahun.
    Mo kerja 100jam/mgg ato kurang toh mrka dpt 300.000.000/thn… Tp klo soal pengalaman tentunya yg bnr-bnr manfaatin jam kerjanya..

  6. kalau benar sih. si A tuh yg dapat uang lebih banyak.
    katanya sih pekerja si B dia kerja ngak bener.soalnya pekerja si B jam kerjanya kurang dari A tuh.

  7. saya rasa yang lbh kaya itu s’B.alnya dengan bekrja 10 jam aja udh dpt Rp.300.000.000/ tahun.apalgi 80 jam bkrja.pastinya banyak dapt uang.
    thank..Gbu

  8. permisi ikut nimbrung..hehe….
    karena yang di tanyakanya ada keterkaitan dengan ketentuan waktu…(berpapasan waktu tengah malam)
    yang bekerja dengan sepuluh jam ….lebih kaya….
    karena dengan waktu yang lebih sedikit mendapatkan hal yang sama dengan yang makan waktunya lebih banyak ….misalkan….
    1. 300.000.000;80 jam=kekayaan perjam.
    2. 300.000.000:10 jam=kekayaan perjam.
    maka apabila yang 10 jam baru bergerak beberapa jam saja sudah lebih kaya di banding yang 80 jam karena pembagi yang 10 jam lebih sedikit di banding yamg pembaginya 80 jam….walaupun akhirnya sama hasilnya…
    hehe…ngaco deh…..

  9. kalo dilihat dari soal dan pertanyaan… menurut saya itu bukan murni pelajaran matematika dah…
    kliatanya ada sesuatu yang tersirat didalam soal cerita tadi…mungkin ada sisi psikologis, ada juga sisi penalaran, ato mungkin ada sisi sosialnya…
    lha sekarang mo kerja berapa lama,ato dapet berapa duit, kalo pas ketemu malem2, sapa juga yang mo ngbandingan. toh kita gak bisa nilai orang kaya ato gak hanya dari papasan ditengah jalan, malem2 lagi…
    kalo saya gak tau mana yang lebih kaya.

  10. nimbrung ahh…
    saya setuju ama sony, setahu saya yang namanya matematika itu ilmu pasti, jawabannya ya pasti..seperti 1 + 1 = 2, kalau banyak jawaban seperti saya baca dia atas berarti itu bukan matematika…karena ternyata jawabannya beragam tergantung dari sisi mana mereka melihat…dan menurut saya semua jawaban di atas betuuuullll….

  11. ya, ini bukan murni pertanyaan matematika sekolah. ini “matematika” kehidupan kali ya. Jawaban bisa beragam tergantung dari sisi mana liatnya, betul kata Manda. Memang tidak ada salah betul dalam hal ini. Beda kalau matematika sekolah yang mengenal istilah betul salah.
    Saya ingin menyiratkan tentang waktu dalam unsur uang, bahwa ada kekayaan relatif yaitu kekayaan yang diukur dari waktu.

    anton huang´s last blog post..Digital Book About Success

  12. ketemu postingan begini rasanya pengen jawab aja nih.
    menurut aku yang kaya kedua-duanya.
    yang A kaya akan uang
    yang B kaya akan waktu
    ada pepatah mengatakan WAKTU ADALAH UANG.
    jadi kekayaannya hampir sama
    hehe..
    cukup itu aja jawaban menurut aku

    anton´s last blog post..jadilah seorang pemberani kalah ?

  13. wuih.. banyak juga variasi pendapat ya…
    klo secara umum saya masih belum berpendapat….
    tapi kalo CUMA secara matematika ya sama2 kaya, orang dua2nya berpenghasilan sama selama setahun…
    mau 10 jam, 20 jam, ataupun 80 jam per minggu klo di hitung secara matematika kan gaji per hari = +- 822ribu.. (300Jt/365 hari)
    mo yang satu kerja mpe ngesot2 trus satunya cuma duduk baca koran ya tetep sama aja gajinya —-> ini klo secara matematika lho 😉

    kalo secara umum susah… karena:
    1. tuh kerja 10 jam per minggu tuh ngapain hayo (ngga jelas) —> bisa aja nih banyak uang tapi kerjaannya ga bener hayo..
    2. tuh yang 80 jam per minggu kerjanya ngapain juga (kasian capek banget kayaknya) —> bisa aja nih kerja sosial jadi jam terbang tinggi tapi gaji mepet..
    (dari 1. dan 2. masih perlu dikaji lagi.. hehehe…)
    3. keduanya sama2 ketemu pas tengah malam —> ini keduanya lagi ngapain ya malem2.. jam kerjanya malem atau malah lagi keluyuran malem2.. cari2 sesuatu.. wkwkwkwk…

    piss dan damai selalu indonesiaku;-)

  14. salam hebat luar biasa buat Azimuth..
    thanks komentnya.. memperkaya pandangan..
    ya, ini pilihan saja, saya membagi informasi tentang apa yang saya alami, apa yang saya pelajari, dan saya ingin membagikannya pada orang2 lain. Umur blog ini sudah setahun lebih, dimulai februari 2008. Web saya yang lain baru dimulai April untuk UniversitasBisnis.com, yang memberikan pembelajaran gratis tentang bisnis yang berisikan materi paradigma apa itu bisnis (95% sukses orang tergantung paradigma). web terobosansukses.com baru berusia kurang dari 1 bulan sebelum saya menulis koment ini. Ya, azimuth bisa memilih yang mana. Saya hanya membagikan sebuah informasi. Azimuth juga bisa mengiklankan bisnis azimuth. oke. salam hebat luar biasa dan sukses selalu buat azimuth..

  15. wah..jawabannya cerdas2..
    jadi minder mau ikutan jawab…heheh

    sapa yg lebih kaya ya??
    yg jam kerjanya lbih sedikit kyknya yg lebih kaya tuw..
    krna jelas dya bisa lebih nabung lebih banyak..

    kenapaaaa????
    haha…biaya yg dikeluarkan juga pasti lebih sedikit dari pada yg 80 jam kerja…

  16. Kaya apa dulu nih? kaya monyet? kaya babi? atau kaya Sapi? atau malah kaya krisdayanti? hayooo… tuh ada anak SD nangis2 gara2 nyasar ke web ini, tuh bocah niatnya nyari soal matematika beneran,,. eh malah dapet soal filsafat,wokwokwokwokwokwo…

  17. ya sama aja kaya nya, yang beda cuma bergeraknya aja, yang satu 8 jam dan yang satu lagi 10 jam. tapi hadil akhir yang mereka peroleh tetap ja sama-sama 300 juta / tahun…….

  18. ya ….! yang B kan kerjanya 10 jam permimnggu jadikan tambah sering kerja dari pada A otomatis gajikan lebih banyak>>>>>>>>> GiTu!

  19. kalo menurut saya memang si B lebih efisien dari si A sedikit kerja banyak uang, yang mungkin jadi persoalan umpama si A bekerja sama waktunya seperti Si B, apa si A akan mendapat penghasilan seperti si B?.

  20. nama saya nedy murid kelas 2 SDN 01 PINTER
    saya mau jawab ni ya Pak,
    menurut saya yg paling kya adalah orang yg paling hemat..gitu kata emak ma babe.. klo mau kya kita harus hemat…
    ma ksih ya Pak…Wakaikumslam..

  21. selain hanya berpikir untuk mencari tahu siapa yang lebih kaya antara si a / b. sebenarnya kita juga dilatih untuk berpikir positive. dengan berpikir positive akan lebih menghemat waktu, bukan? kita lebih cepat mengambil kesimpulan, berpikir singkat padat jelas dan masuk akal. dan itu adalah berpikir hemat! jadi saya lebih yakin berpikir hemat=berbikir postive. karena hemat pangkal kaya..haha! ya tanggapan orang akan berbeda-beda, tergantung dari sudut pandang masing2. tapi kalau kita lebih berpikir positive kita akan lebih muda melihat, menjawab dan mengenal. tapi benar mr.anton, jawaban sangat sederhana tidak bertele-tele tapi benar2 pas! siapa cepat dia dapat! waktu adalah uang, bukan? salam sukses n Gb all.

  22. aq sayang ortu………….. maka’y aq brosing soal MTK…………………………………………………………………………………wwkwkwkwkkwwkkwkw :>

  23. hei mister, kalo bikin judul yg bener dong. nih aku ibu rumah tangga lagi bantuin anak mo ulangan. buang2 waktu kita aja..

  24. sy seorg mhs fkip jrusn eko n skrg part time mnemani ank sd belajar (privat).
    lg nyari soal. . .e ktemu jg soal (unik mnrut sy prbdi).
    mnrut sy, yg lbh kaya adl A krn dy seorg hard worker dg pnghasilan yg sepadan dg krjanya.
    sdgkn B dg mudahnya mndptkn pnghasilan yg sm wlo dg wkt yg lbh singkat krn dy seorg pencuri ato perampok yg mn merampok A swkt brpapasan pd tngah mlm.
    slm sukses bwt smua 🙂

  25. Sebetulnya tergantung konsep kekayaan itu sendiri. Yang ingin saya sharingkan di sini adalah Kekayaan relatif, kekayaan berdasarkan waktu. Jadi bukan hanya kekayaan berdasarkan banyaknya harta/materi yang dimiliki.Oya, buat yang benar2 ingin mencari soal SD Matematika, soal ini memang bukan soal untuk anak SD.
    (Anton Huang)

  26. menurut saya yg a.karena setelah saya menghitung dgn kpk hasilnya 80.80 itu sma dgn 80 jam.jd yg a yg lebih byk menghasilkan uang.saya skrg kls 6 tapi karena diajar guru saya ,saya jd tau kpk gunanya untuk apa aja.semoga betul

  27. begini cara kerja saya sehingga dpt hsl 80.

    .menggunakan kpk.80=2 pangkat 4 x 5
    10=2 x 5
    KPK:2 pangkat 4 x 5
    :16 x 5 = 80 jam
    Berarti yg lbh besar menghasilkan uang adalah si a…..
    semoga betul…
    tlg di jawab yah pak….

  28. aq sangat cinta matematika seindonesia &seduniaaaaaaaa
    wkwkwkwkwkwkwkw hahahahahahaha hehehehehehehehehehe wawawawawkwkwkwkwkwkw……….!!!!!!!!!!!!!!!
    ??????????????

  29. menurut saya.. yang paling kaya itu yang bekerja dengan 80 jam seminggu… karena kekayaan itu tolak ukurnya bukan hanya harta…. mereka kaya dengan pengalaman dan skill. tapi tuk kebahagiaan, yang paling kaya itu sudah tentu yang 10 jam seminggu.. jadi kita bisa memilih, kita ingin kaya yang bagaimana…

  30. Mmmmmmmmmmmmmmmmmmmm…. yang paling kaya adalah….

    “Bandit” yang tahu di mana mereka berpapasan pada malam itu…

    Wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk…………..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *