Pendapatan Absolut dan Pendapatan Relatif

Wah,.. Salam hebat…Terimakasih Tuhan atas segala karunia dan anugerah, tantangan dan berkah yang telah diberikan pada saya, sehingga saya bisa terus mempostingkan apa yang saya pelajari, alami dalam kehidupan di blog ini, blog simple tentang kata bijak, cerita bijak,  cerita motivasi, sharing motivasi dan sharing bisnis.

Ngomong soal uang seringkali dianggap tabu. Nah, saya suka uang, makanya nama saya anton huang (huang kalo dipisah h_uang, h disini hobby, hehe…) saya dapat ide ini dari seorang kenalan di Jakarta. Nah, sekarang saya akan belajar matematik dan fisika lagi.

Ehmm.. Saya ingat dulu belajar di sekolah, tentang angka mutlak dan angka relatif. Eh, sekarang saya dapat istilah pendapatan absolut dan pendapatan relatif dari buku yang saya baca ini. Yah,jadi inget belajar fisika dulu, kecepatan absolut, kecepatan relatif. Di sini ada kisah dua orang, Ita dan Ati (kalo 4 orang apa ya, Ita, Ati, Tia, dan….).

Ita berpenghasilan Rp. 100.000.000 per tahun, artinya Rp. 2.000.000 per minggu dan bekerja 50 jam per minggu. Jadi Ita meraih Rp. 40.000,- per jam kerja.  Sedangkan Ati berpenghasilan Rp. 50.000.000 per tahun, artinya Rp. 1.000.000 per minggu dan bekerja 5 jam per minggu. Artinya Ati meraih Rp. 200.000 per jam kerja. Dalam pendapatan absolut, Ita uangnya lebih banyak daripada Ati. Namun dalam pendapatan relatif, Ati jauh lebih kaya dari Ita, 5 kali lebih kaya dari Ita.

Pendapatan absolut cuma tergantung satu variabel yaitu jumlah uang. Pendapatan relatif tergantung pada dua variabel yaitu jumlah uang dan waktu. Menyambung artikel saya sebelumnya, ini sekedar perbandingan aja.

Nah, kalo tadi pendapatan relatif dibandingkan dengan waktu. Saya ada perbandingan juga tentang pendapatan relatif dengan faktor jumlah orang. Ada A yang mendapatkan penghasilan 40 juta/bulan dan B yang mendapatkan penghasilan 60 juta.

B mendapatkan 60 juta dari gaji kerjanya dengan bekerja 8 jam per hari, 6 hari per minggu dan 25 hari per bulan (ada 1200 jam kerja/bulan yang ditempuh B untuk berpenghasilan 60 juta).

Sedangkan A mendapatkan 40 juta dari bisnis yang yang dibangunnya dengan bekerjasama dengan 100 partnernya. Jadi B dengan prinsip 40.000.000 = 40.000.000 x 1. Sedangkan A dengan prinsip 40.000.000 = 400.000 x 100. Jam kerja juga sama 1200 jam kerja/bulan dibagi 100 orang, jadi 12 jam kerja per bulan yang ditempuh A untuk mendapatkan penghasilan 40 juta, alias 0,4 jam kerja perhari).

Jadi yang mana lebih kaya relatif menurut Anda? Hidup adalah Pilihan…

Mudah-mudahan gak pusing bermain-main dengan angka. Yah, inilah dulu kerjaan saya, berhitung matematika, fisika, kimia… Saya dulu suka sekali berhitung matematika. Namun untunglah, suatu hari saya sakit karena kecapean mengajar, sehingga saya tidak bisa mengajar les privat selama 2 bulan,tanpa penghasilan. Dan Saya bersyukur waktu itu karena sakit, saya bisa berhitung-hitung tentang masa depan saya, sesuatu yang tidak pernah saya lakukan ketika saya masih gagah mengajar. Saya bersyukur bisa berhitung tentang kekuatan diri saya sendiri, yang tidak pernah saya lakukan sebelumnya karena terlalu sibuk mengejar uang,padahal ada cara lain bagaimana cara uang mengejar saya. Seringkali orang terlalu sibuk mengaudit pekerjaan orang lain, namun lupa mengaudit kerja diri. Seringkali orang sibuk mengurusi keuangan perusahaan orang lain, namun lupa mengurusi keuangan /cashflow diri sendiri. Saya dulu seperti itu, beberapa tahun lalu. Untunglah saya tersadarkan, dan akhirnya berhitung untuk masa depan saya, bahwa nilai uang ada nilai absolut dan ada nilai relatif. Ini sharing dari saya, tidak tau benar ato tidak untuk anda. Pesan saya, jangan diterima mentah-mentah sharing ini, apalagi diterima masak-masak. hahaha….

Sedikit kata bijak dari Richard P Fenyman, Ahli Fisika pemenang hadiah Nobel :
Prinsip pertamanya adalah bahwa Anda tidak boleh membodohi diri sendiri, walaupun diri sendiri itulah yang paling mudah dibodohi.

Kesuksesan yang dicerahkan adalah ketika kita juga bisa mencerahkan kesuksesan orang lain (anton huang, malam hari tgl 8 oktober 2008 pukul 23. 50, artikel ini saya ketik ketika saya sedang smsan dengan salah seorang partner bisnis saya di bengkulu.. sukses untuk anda semua….)

nilai absolut (23), pendapatan relatif (19), definisi angka absolut (10)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *